Sabtu, 23 Maret 2019

Kelas Online Saudagar #3 Tentang "Optimasi SEO di Bukalapak"

Posted by bismillah4berkah on Sabtu, 23 Maret 2019

Muhammad Marwan Siregar aaaa

[Reportase] Kelas Online Saudagar #3 Tentang "Optimasi SEO di Bukalapak" 

23-Nov-2018 in Event by : bunda9000
#Tips & Trik Jualan #Komunitas
Setiap seller di Bukalapak pasti ingin tokonya laris setiap hari. Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan lapak kita, salah satunya adalah dengan memahami SEO yang ada di Bukalapak. Kabar baiknya bahwa kemarin pada Hari Rabu, 21 November 2018 Pukul 19.00 - 20.00 WIB telah dilakukan Kelas Belajar Online Saudagar #3 melalui Whatsapp di Komunitas Bukalapak, temanya tentang "Optimasi SEO di Bukalapak". Pematerinya adalah om Rofiul Hadi dari kediri, beliau seorang Ranger Komunitas Bukalapak Kediri. Ini alamat toko om Roiful @kadoultahunikcom. Sebagai Moderator Kelas Online Saudagara kali ini adalah om Jiban yang juga memegang Komunitas Bukalapak wilayah Regional 2 (Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur).
Saya @bunda9000 sangat antusias untuk mengikuti kelas belajar ini karena melihat judulnya sangat menarik, dan sebelumnya sudah melihat beberapa video tentang Komunitas Bukalapak Kediri ini yang sering membagikan ilmu Jualannya yang sangat Wow banget. Reportase ini sebenarnya adalah catatan saya supaya tidak hilang karena isi dari Kelas belajar online Saudagar 3 oleh om Roiful isinya "Daging" semua jadi sayang untuk dilewatkan. Saya berharap tulisan ini juga bermanfaat buat Om Tante yang tidak sempat menyimak kelas belajar secara lengkap. Berikut ini adalah reportasenya...

SEO singkatan dari Search Engine Optimation. Mempelajari SEO kali ini tujuannya untuk mengetahui tips trik bagaimana caranya agar produk kita bisa tampil di halaman depan pencarian Bukalapak. Sekilas flashback, Om Rofiul mengenal online sejak 2006 dengan membuat website untuk berjualan online. Dengan membuat website otomatis salah satu trafik yang bisa didatangkan dengan murah meriah adalah melalui SEO Google saat itu. Sehingga otomatis untuk optimasi akan bersentuhan dengan Konten, Backlink, Onpage, Offpage dan banyak lagi lainnya. Menurut om Rofiul keadaan sekarang lebih enak daripada dulu, kalau dulu harus bekerja sendiri mengoptimasi SEO di Google. Tetapi sekarang pekerjaan itu kalau di Bukalapak sudah ada tim SEO Specialist-nya sendiri. Mereka yang mengoptimasi Bukalapak agar optimal di hasil pencarian Google. Sehingga trafik organik Bukalapak bisa maksimal. Yang akan di bahas disini adalah Optimasi SEO di search Bukalapak. Jadi target kita adalah tahu alurnya agar produk kita bisa optimal ketika ada calon pembeli yang mencari produk di Kolom Pencarian Bukalapak.
"Disclaimer dari om Roiful:* Tips Trik yang saya sampaikan adalah hasil A/B test bersama teman-teman komunitas Bukalapak Kediri. Sama sekali tidak mendapat info apapun secara teknis dari Bukalapak. Kalau ada hal-hal di luar kemampuan, mohon maaf jika saya tidak bisa menjawabnya ya."

Lanjut ya..Jadi mayoritas pengguna Bukalapak menggunakan kolom search untuk mencari produk,  secara default menggunakan sort berdasarkan *Relevansi*.  Pertanyaannya, Relevansi ini apa saja faktornya yang diukur? Untuk Relevansi sendiri sesuai namanya adalah pengurutan produk berdasarkan beberapa faktor *selain dari* _Waktu_ upload (Terbaru), _Harga_  (termurah-termahal) dan _Jumlah transaksi_ (Terlaris).

Jadi ada 5 Faktor yang terkait dengan Relevansi antara lain:
1. Judul produk
2. Feedback
3. Ulasan Produk
4. Penjualan
5. Push
1. Judul Produk
Judul produk  adalah judul yang kita berikan untuk postingan produk kita di Bukalapak. Kita sebelumnya bisa riset terlebih dahulu baik menggunakan data internal Bukalapak seperti pencarian terkait atau auto suggestion yang diberikan Bukalapak. Bisa juga menggunakan data eksternal seperti https://neilpatel.com/ubersuggest
Judul produk yang tepat di Bukalapak itu seperti apa?
*Judul Produk Sependek Mungkin*
Semakin pendek judul produk anda, semakin bagus. Ini kemungkinan langkah Bukalapak untuk melawan postingan keyword stuffing yang memasukkan kata kunci berlebihan di judul produk. Kurangi jumlah karakter dan spasi yang tidak penting.

*Judul produk = Keyword pencarian*  Pastikan judul produk SAMA PERSIS dengan keyword/kata kunci yang biasa diketikkan oleh pembeli. Coba dengan variasi kata kunci lain jika sekiranya kata kunci yang kita incar sudah sulit. Kurangi kata-kata tidak penting seperti Promo, Gratis, Terbaru, Termurah dan lain lain. Jika anda ingin menampilkan informasi promo, jangan di Judul tapi bisa dicantumkan di Foto Produknya. Misal Buy 1 Free 1, Free Ongkir dan seterusnya
*Lakukan Riset*_*Jangan mengambil keputusan tanpa punya data*_. Gali data sebanyak mungkin dengan melakukan riset keyword. Yang biasanya om Roiful lakukan, riset keyword di https://neilpatel.com/ubersuggest/ untuk mengumpulkan kata kunci terkait yang volume pencariannya bagus. Kemudian dilakukan riset produk di Bukalapak, untuk melihat apakah untuk kata kunci incaran kita, masih bisa masuk atau tidak di Page One Kalau sekiranya dengan posting baru dan judul pendek, kita tidak bisa masuk di page one. Kita bisa mencari alternatif kata kunci cadangan yang masih terkait dengan produk yang ingin kita upload di Bukalapak.
 Contoh: Kata kunci *Jilbab Instan* tergolong berat, maka bisa ambil judul *Jilbab Instan Salwa* yang persaingannya lebih rendah.
*Perhatikan Kompetisi* Karena kita dalam kondisi mengupload postingan baru di Bukalapak, maka otomatis kita akan berhadapan dengan kompetitor lain yang sudah laku banyak sebelumnya tentunya dengan Ulasan yang lebih banyak. Sehingga saat kita baru upload, otomatis posting baru kita akan langsung head to head dengan posting lainnya yang faktor relevansinya lebih kuat. Jadi kita tidak perlu bernafsu mengejar di page one untuk kata kunci yang persaingannya berat, *lebih baik kita optimalkan produk kita di kata kunci lainnya yang persaingannya lebih rendah agar produk kita bisa masuk di page one*.
 Karena percuma kita upload produk kalau tidak ada yang melihat. Ingat calon pembeli kebanyakan akan berhenti di halaman pertama saja tanpa melihat halaman selanjutnya saat mencari produk di Bukalapak. Jadi pastikan bahwa postingan anda langsung bisa masuk di halaman pertama, kalau tidak bisa masuk, ganti judulnya hingga bisa masuk page one.
 *Sediakan Judul Cadangan* Selama produk kita belum laku, kita masih bisa mengedit judul produk kita. Edit judul produk tersebut hingga bisa masuk di halaman pertama Bukalapak.  Pastikan kita sudah memiliki data judul produk cadangan, sehingga kita bisa dengan mudah mengganti judulnya hingga optimal.  Dengan hanya menggunakan judul produk yang tepat saja, produk kita bisa kemungkinan masuk di page one Bukalapak dengan mudah.
2. Feedback
Tidak peduli berapa jumlah Feedback anda, yang penting persentasenya 100%. Meskipun feedback anda cuma 10 asal persentasenya 100%, posisi produk kita bisa lebih tinggi dr pelapak lain yang FB nya ribuan tapi persentasenya rendah.
 Delete feedback negatif sesegera mungkin jika memungkinkan, pastikan persentase tetap terjaga 100%. Perbanyak transaksi dan feedback positif, bila sudah banyak transaksi maka kita bisa menghapus feedback negatif dengan mudah.
Semakin banyak jumlah transaksi/penjualan maka ulasan akan semakin besar (idealnya), sehingga tambah terus jumlah produk terjualnya agar *ulasan*, *feedback* juga ikut naik.


3. Ulasan Produk
Untuk pelapak baru usahakan  untuk 1 penjualan mendapat 1 ulasan. Karena ulasan ini cukup besar pengaruhnya di ranking produk. Usahakan mendapat Ulasang Bintang 5 untuk setiap produk yang dibeli. Sayang banget kalau produk yang sudah terjual tidak mendapat ulasan. Karena ulasan sifatnya opsional, jadi kita sebagai seller yang harus aktif mengajak buyer untuk mau memberikan ulasan. Kita bisa menggunakan *Freebies* seperti kupon voucher untuk pembelian berikutnya, hadiah kecil, surprise bonus.

Yang biasanya om Roiful pakai ada 2, yaitu  memberikan kertas ucapan terima kasih berisi doa untuk si pembeli. Kalau mau cara yang cepat bisa pakai voucher pulsa elektrik. Kalau menggunakan  kertas ucapan biasanya itu  dipotong kecil-kecil dan dimasukkan di paket. nanti kita tinggal nunggu action dari si buyer. Kita bisa bereksplorasi dengan cara masing-masing, asal tujuannya sama yaitu mendapatkan rating bintang 5 dari pembeli.


4. Penjualan
Idealnya semakin banyak jumlah transaksi/penjualan maka ulasan akan semakin besar, sehingga tambah terus jumlah produk terjualnya agar ulasan, feedback juga ikut naik.


5. Push
 Ini adalah senjata terakhir kita, saat ke-4 faktor sudah optimal dan kita ingin produk kita loncat naik ke posisi lebih atas maka tinggal kita Push. Jadi kita set up ribet hanya di awal, sisanya kita tinggal Push di waktu yang tepat. Pernah merasa produk sudah dipush berulang kali tapi tidak pernah tampil di halaman pertama? Kemungkinan besar karena produk kita di  4 faktor sebelumnya itu masih lemah. Sehingga perlu dioptimasi lagi.
Jangan sekali-kali melakukan Push saat ke-4 faktor sebelumnya belum optimal. Karena akan percuma saja. Termasuk untuk produk yang baru diupload, jangan langsung di Push. Biarkan dulu hingga ada trafik organik agar view dan favorit bertambah, baru kemudian kita Push akan maka akan *lebih terasa efeknya*.

Tanya Jawab dari Semua Sesi:
Pertanyaan ke 1. Oleh Lani asal Bandung. "Indikatornya apa saja jika suatu judul dikatakan 'sudah sulit' ?"
Jawaban : "Halo tante Lani, indikator sulit tidaknya adalah saat kita post produk di Bukalapak dengan kata kunci tersebut. Jika tidak tampil di halaman pertama berarti Sulit. Jadi kita bisa pindah ke kata kunci alternatif yang lainnya dulu. Coba dg variasi kata kunci lain yg sekira tidak sulit."

Pertanyaan ke 2 . "Halo Om Rofiul, saya cek lapaknya om banyak judul yang menggunakan Huruf Besar Semua. Apakah Penggunaan Huruf Besar pada Judul berpengaruh pada SEO om? Kedua, Untuk Judul Pendek.    Saya sering menggunakan fitur *Promoted Push*    Apakah tidak sayang kalau diberi judul pendek, padahal kalau judul panjang banyak keyword yg bisa nyantol.  Kasih saran dong om..
Jawaban: "Untuk judul Huruf kapital , faktor minornya ini berpengaruh. Tapi memang kurang sedap dipandang mata :D . Jadi boleh ditest om. Jujur saya gak pernah pakai Promoted Push om, jadi saya murni pakai Push saja untuk nyari trafik organik relevansi. Karena margin produk rendah jadi main yg irit saja tapi kena banyak. Kalau mau pakai promoted silakan pakai judul yg panjang tetapi di organik biasanya produk itu lemah posisinya."
Pertanyaan ke 3.  "Halo om, saya Hafi dari Banten. Kalau judul produk singkat,  apakah deskripsi produk juga singakat atau lebih detail".
jawaban: "Judul saja yang berpengaruh om, kalau deskripsi bebas".

Pertanyaan ke 4: "Halo Om Fiul, saya yopi dari Tulungagung. Berkaitan dengan ini, tidak menutup kemungkinan ada perubahan algoritma Bukalapak, sehingga judul yang kita buat sudah bukan judul yg bisa masuk page one lagi, sedangkan kita sudah tidak bisa merubahnya karena sudah ada transaksi, apa yang harus kita lakukan untuk tetap bisa di page one? terimakasih".
Jawaban: "benar om, Algoritma Bukalapak pasti akan terus diupdate sesuai perkembangan teknologi. Seingat saya sudah ada beberapa kali update algoritma. Dan algoritma Bukalapak yang menurut saya paling bagus dan sangat ramah dengan pelapak baru. Boleh dibandingkan dengan Marketplace yang lain yang produk baru akan kesulitan untuk tampil di halaman depan. Kalau sudah laku dan tidak bisa diedit biasanya saya akan posting baru dengan kriteria yang diatas om, tidak apa apa memulai dari awal. Kalau sayang dengan track record penjualan, bisa pakai Promoted Push.
Pertanyaan ke 5: "Salam kenal saya Maryanto dari Jakarta.
Masalah keyword judul harus mengetahui beberapa menit/jam/hari tau judulnya sesuai seo bukalapak belum".
Jawaban: "setelah upload langsung bisa dicek om, dulu pernah bukalapak pakai cache jadi harus clear Cache dulu baru kelihatan posisi aslinya. Tapi sampai saat ini sekarang, setelah kita upload langsung bisa kita cek posisinya di Bukalapak. Jadi misal setelah upload dicek posisinya kok gak masuk page one, segera ganti judul hingga optimal".
Pertanyaan ke 6: "Selamat malam om tante. Saya romi dari ponorogo mau tanya...Terlepas dari pihak seo google ataupun bukalapak apakah memungkinkan untuk kita para seler untuk bisa melihat berapa rating untuk seo dari text yang kita buat dalam bentuk data ? Atau apakah kita bisa melihat kata pencarian apa saja yang ratingnya tinggi? Misal dengan database seo masing masing e commerce dan apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk mencari atau melihat rating di seo tersebut".
Jawaban:  "Kalau data SEO based on Google kita bisa pakai Ubersuggest om, ada volume pencarian bulanan dan kata kunci alternatifnya. Kalau data internal ecommercenya kayaknya belum ada marketplace yang mau share data tersebut mulai dari Kata kunci dan Volume pencariannya. Tapi kalau dari saya riset menggunakan Ubersuggest itu sudah cukup valid datanya dan mencukupi.

Pertanyaan ke 7: "Berapa maximal kata untuk judul agar lebih baik?"
Jawaban : Tergantung om mau mengejar page one dengan berapa kata.
Kalau mengejar 1 kata dengan judul 2-3 kata, jelas akan terlempar ke belakang. Jadi benar2 harus sama persis dengan kata kunci yang kita incar. Kalau kita sudah riset pakai 2-3 kata volume pencariannya masih besar, ya hajar saja tidak masalah. Seperti kata kunci Jilbab Instan diatas".
Pertanyaan ke 8: "Saya Linda pelapak batam mau menanyakan apakah penggunaan hastag di deskripsi produk mempengaruhi tampilnya produk kita di SEO".
Jawaban: "Hashtag tidak ada pengaruhnya, yang berpengaruh itu Tag. Jadi silakan diisi Tag produknya ya".
Pertanyaan ke 9: "Saya jual Parfum om Nah merek parfum itu banyak kan. Solusi untuk judulnya bagaimana om Kira kira kata kunci apa yang  paling pas?".
Jawaban: "Kalau dibahas ini bakal panjang om hehehe .. tapi biasanya saya pakai teknik gateway. jadi 1 posting utama dioptimasi, nanti kalau produknya ada varian, link produknya ditaruh di deskripsi, atau bisa tetap posting biasa dengan judul PARFUM MERK A , parfum merk B".
Pertanyaan ke 10: "Mau tanya kalo masalah push, giman cara tau waktu yang tepat untuk push?"
Jawaban: "Untuk tahu waktunya yang tepat biasanya saya cek:
1. Rata rata waktu chat masuk jam berapa. 2. Cek data waktu klik promoted push. 3. Cek demografi konsumen kita, misal kalau produknya utk ABG, push nya saat jam pulang sekolah/les. 4. Yang paling sering saya lakukan adalah push saat tanggal gajian".
Pertanyaan ke 11: "Bagaimana cara mengimbangin margin dengan bonus, sehingga saat kita berikan bonus, kita tetep dapat profitnya".
Jawaban: "Kaitannya sama ulasan ya om? Kalau iya, anggap saja yang di awal itu dana investasi om. Usahakan sampai ulasan kita dobel digit seperti itu. Kalau misal 10 ulasan dikali 5 ribu pulsa, total dana promonya 50 ribu. Itu nanti transaksi lain akan ngikut karena ulasannya sudah bintang 5 semua. Jadi itu dihitung dana investasi".
Pertanyaan ke 12: "Apabila 4 faktor sudah ok, push sudah lumayan, hasilnya sudah di page one. Namun closingnya tidak banjir, kira kira apa faktor yg perlu digali? Mengingat dengan diskripsi dan pernak pernik lainya ya sama dan digunakan pada MP sebelah, hasilnya lebih laris"
Jawaban: "Coba cek kelebihan dan kekurangan masing2 MP-nya yang dibandingkan om. Karena memang setiap MP punya ciri khas produk masing-masing yang laku. Om bisa coba tambahkan paket penjualan, tawarkan free ongkir (meski nunut free ongkir Bukalapak), gratis 1 beli 1 . Dicoba saja om"
Pertanyaan ke 13:  Ainul Bintang Lima Shop dari Semarang. "Ijin bertanya suhu....
1. Apakah judul 1 kata vs 3 kata dan kata panjang berpengaruh terhadap relevansi. 2. Apakah JUDUL besar KECIL seperti ini bisa terbaca sebagai kata kunci "judul besar dan kecil?"
Jawaban: "Berpengaruh om tapi minor, tapi boleh dicoba, tapi tergantung kita mau nembak kata kunci nya 1 kata apa 3 kata. kalau targetnya 1 kata dikasih 3 kata jelas kalah om. Apakah JUDUL besar KECIL seperti ini bisa terbaca sebagai kata kunci "judul besar dan kecil". Iya om, bisa".
Pertanyaan ke 14: "Jika tidak menggunakan Promoted dan Push untuk produk baru,bagaimana cara memikat buyer selain dengan riset nama saja?. Kalau saya biasanya pake harga coret om, apakah langkah ini juga bisa?
Jawaban:  "Agak susah om kalau tidak pakai Push, karena kebanyakan kompetitor pakai Push. Untuk pelapak baru saya sarankan cukup pakai Push saja karena lebih irit mau diklik sampai jarinya patah cuma kena charge 400 rupiah saja. Untuk harga coret saya jarang pakai om karena harus bolak balik setting diskon . Jadi saya biasanya agar lebih menarik cenderung main di foto produk yang mencolok mata".
Pertanyaan ke 15: "Jika SEO produk kita sudah teroptimasi dengan baik,  suatu hari kita mau ganti photo produk apakah bisa berpengaruh terhadap SEO produk tersebut om?!"
Jawaban: "Tidak berpengaruh nte".
Demikianlah Reportase yang saya buat. Terimakasih kepada om Rofiul Hadi yang telah memberikan materi yang sangat bagus, dan juga kepada om Jiban sebagai moderator sehingga acara kelas belajar bisa berjalan dengan lancar. Saya Wulan @bunda9000 dari Komunitas Bukalapak Banten mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Tetapi saya berharap semoga reportase ini bermanfaat.


*Suka dengan tulisan ini? Kasih Up Vote di atas ya!
  • Newest
    You are reading the newest post

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar